KETIDAK- ADILAN !

02.31


“ Setiap orang ingin diperlakukan secara adil sesuai dengan hak nya” kalimat ini saya ambil didalam materi pelajaran sekolah yaitu PKN . ya! Sudah pasti saya ingin membicrakan tentang keadilan, saya ingin membicarakan tentang kadilan karena  saat ini masih banyak ketidak-adilan yang terjadi dinegara ini secara tidak kita sadari atau bahkan sudah menjadi hal yang wajar dimasyarakat, sebelum memulai kritikan saya tentang keadilan, saya ingin mengatakan bahwa semua kata-kata yang saya telah tuang disini merupakan perwakilan dari jutaan suara menjadi satu suara untuk berhak berbicara kepada para pembaca dan kepada semua orang,

Ketidak-adilan bukan saja hanya pada politik, masyarakat, keluarga dan lain-lain, namun tanpa kita sadari bahwa ini didalam lingkungan sekolah juga terjadi, kali ini saya akan membahas sedikit saja tentang didalam sekolah, tidak dari sekolah saya namun sebagian sekolah bisa terjadi seperti itu. Saya menganggap bahwa saya saat ini berdiri didepan para orang – orang terpenting, bahkan di depan siswa- siswa
Siapa pun seorang siswa maupun orang lain ingin dikenal oleh semua orang bahwa ia mampu melakukan sesuatu, ia baik, ia ramah, ia berbakat , bahkan bertalenta, sebaliknya terdapat pula seseorang yang ingin dikenal dalam sisi negatifnya ,bahkan yang buruknya dari semua itu yang sebenarnya apa yang dia lakukan itu bahwa yang bisa menyenangkan dirinya sendiri. Seandainya seseorang yang bermulanya dari positif beralih ke negatif bisa membuat sebagian disekelilingnya merasa tidak nyaman dan merasa dia telah berada di lingkungan yang salah , tapi kalau seandainya dia nya tadi akan beralih kembali ke positif , bisakah kalian mempercayainya?

Sikap, perilaku, tingkah laku, semua yang ada didalam sisi dirinya juga berbeda dengan yang ada diluar dirinya , kadang yang terdapat didalam dirinya jauh berbeda dengan yang ada diluarnya dan seringkali orang- orang hanya melihat dari sisi luarnya, tanpa mengetahui sebelumnya yang ada di dalam dirinya, Inilah yang membuat seseorang itu tidak akan pernah mendapata kan kesempatan dengan apa yang mereka inginkan, hanya karena apa yang ada didalam dirinya itu tidak terlihat dan apa juga yang ada diluarnya tidak diperlihatkan. Ada yang hebat didalam dirinya namun dia tidak mendapatkan kesempatan karena apa yang diluar dirinya menjadi penghambat , ada pula yang hebat diluar dirinya dan harus gagal dapat kesempatan karena apa yang ada didalam dirinya menjadi penghambat pula.

Khusus mereka yang tidak mempunyai kesalahan sama sekali , dan terjadi kesalah-pahaman antar individu dan golongan masing- masing , tidak ada salah nya kita saling mengenal kan? Dengan begitu kita bisa saling mengenal lebih jauh tentang kepribadian seseorang, cerita seperti ini bisa seperti pepatah “ TAK KENAL MAKA TAK DISAYANG” untuk maksud yang lebih jauh  bahwa jika ingin berinteraksi dengan orang- orang ,kita tak perlu mempertimbangkan ketidak-mampuan nya, namun kita mengubah ketidak -tahuannya/ketidak-mampuan nya menjadi mampu dan tahu atau bisa! Jangan kita berpikir hanya orang yang telah pandai atau orang yang mampu, yang harus selalu menjadi nomor satu diantara mereka semua? Bagaimana dengan yang lainnya? Kita simak kalimat yang diatas “semua orang ingin diperlakukan secara adil “ inilah yang menjadi penghambat semuanya seringkali kita meremehkan orang lain. Bukankah cita-cita dunia ini ingin memperdepankan Pendidikan? !

Ada kebenaran namun kesalahan harus menutupinya, ada kesalahan namun kebenaran menutupinya

 “Ketidak Adilan” saya berpikir bahwa apa yang saya pikirkan ini salah, namun saya percaya bahwa ini benar setelah datang suara yang lain didepan saya dan lebih yakin nya lagi setelah mendengar berita bahwa terdapat pula Tokoh yang pernah menyuruakan pepatah ini. Saat itu saya tersenyum lega!

2 comments