22.14





Haloo gaes aku mau ngasih tau nih cara mempercantik tampilan dekstop kalian yang membosankan atau yang gitu gitu aja (secara aku tipikal cepet bosan, ganti wallpaper aja tiap menit -_-) nah, untuk mengatasi kebiasaanku yang sebenarnya kurang kerjaan ini (banget) gue mencoba tuk jalan – jalan ke dunia Deviantart, sebelumnya udah lamaaaa banget ake nyari cursor, Wallpaper dan Theme buat Windows7 cuma gue gak tau install theme keceh ini coz ga dapet petunjuk hehe(emang gue males aja nyarinya soalnya ga sukses installnya dan akhirnnya gue nemu kesalahan gue dimana), nah selang beberapa tahun gue jadi gemes banget buat install theme keceh ini so, gue coba cari caranya gimana dan akhirnya gue dapet petunjuk yang diselipin dari hasil donlod theme  (akhirnya nemu abis bongkar file makanya rajin – rajin ya =,=) ohiya ada alasan gue nulis ini i-t-u adalah gak banyak yang nulis artikel tentang merubah tampilan dekstop ala Tumblr ini (sejauh yang aku tau di Indonesia sih klo luar ada kali ya *ga nyari sih* bedanya disini aku kasih tau bocoran, komplit semua gak cuma cara instal UniversalThemePatcher doang :D) so, disini aku bakal ngasih tau dan review ke kalian, yep sekedar sharing aja gue bakal ngasih bocoran mulai dari Icons, Cursor, Theme, Wallpaper, Fonts, bahkan Widget – widget keceh yang bakal melengkapi kecehnya dekstop kalian , TAPIIII kalian donlod sendiri ya, searching di gugel hehe nih mulai aja. Tutorial buat Windows7 ya, yukks…

Sebelum download Theme  dkk itu kalian harus download bahan nya dulu ya biar Works nih :
1.      Gak cukup hanya download Theme nya aja, kalian mesti punya Universal Theme Patcher nya dan berdasarkan tipe Sistem Operasi Windows PC/Laptop kalian biar Theme nya Works ya, nih kalian download dulu (ohya kalau mau tahu tipe punya kamu, bisa liat di Start, Computer, klik kanan, Properties, nah disitu muncul tipe milik kamu)
untuk 32bit(x86)                : donlod  UniversalThemePatcher-x86
untuk 64bit(amd64)          : donlod  UniversalThemePatcher-x64


2.  Untuk tampilan Icon yang berbeda dan bisa di kustomisasi yang cukup keren buatku nih, download dulu yah ntar dibahas nih : Rocketdock.exe

3.    Biar Widget yang nantinya kamu donlod dari Deviantart Works, kalian mesti donlod dulu ini Xwidget.exe

4.     Nah setelah udah perfect download nya kamu Install dulu RocketDock tadi kemudian Xwidget kamu ya, seperti biasa kok.

5.  Pastikan sukses ya, now Install Universal Theme Patcher kamu (kali ini aku tutorial buat Windows 32bit) kalian perlu Patch ketiga file sekaligus, yaitu uxtheme.dll, themeui.dll & themeservice.dll

6.     Setelah selesai Patch ketiga – tiganya, nah coba Restart Komputer kamu dulu

7.    Udah nyala ? kenapa ? Jangan sedih dulu, emang blom ngefek kok, soalnya temanya blom ada hehe :p , nih donlod dulu gih nih Bonus kerja keras kalian :D (pake ini aja dulu biar bisa liat bukti works apa gak baru deh donlod pilihan kamu ya ) 
      Tema PinkDonut 
      
8.    Setelah donlod ekstrak dulu ya, setelah selesai ekstrak dan nantinya ada 1 Folder Tema tadi hasil ekstrak coba kamu pindahkan ke > Start > Computer > System C: > Windows > Resources > Themes


9.    Setelah itu coba buka dan liat dalam 1 Folder tadi bakal ada 2 File ini , perhatikan keduanya beda ya :D


Yang nomor 2 kamu pindahkan (cut) ke luar folder Tema tadi, jadi dia bakal ada diluar dari Folder tema itu sendiri gak digabungin (tetep di dalam folder Themes tadi kok) , setelah selesai Refresh dulu :p nah, double klik deh Tema yang barusan kamu keluarin dari Foldernya, Voilllllaaaawwwww (**3*) gimanaa ? sukses blom ?

(+) ohya kalo ada yg blom sukses kali aja biasanya nih (=,=) dua File yang aku Tag tadi ditempatkan terpisah nah klo gitu aku sih Cut file no.2 trus gabungin dulu sama File1 trus cut lagi diluar folder (jadi kayak pas digabungin kek butuh konek dulu baru ngefek, _._entahlah)

10. Keceh gak ? (*__*) oke cukup dulu , kita fokus lagi *backtothetopic now, Widget kamu! Yes, kalo kamu hobi kustomisasi Dekstop kamu , gak cuma bawaan tema doang nih, widget itu banyaaak banget, ada jam,banner,note,batterymeter buat laptop, rainmeter, dll dan bentuknya macam-macam ! (biasanya widget ada juga sekomplit dengan tema yang udah di donlod) nih cobain dulu aku kasih widget 3D Clock

11. Selesai donlod nah, ekstrak lagi  seperti biasa, setelah itu kamu bebas tempatin dimana aja khusus File Xwidget kamu, abis itu double klik deh File yang berbentuk seperti ini yang formatnya XwidgetPkg atau kalo tampilan view kamu Thumbnail modelnya kayak Ikan berwarna biru


12.  Dah ngefek kan?? (>///<) oke sekarang mau custom lagi ? oke aku kasih tau dulu cara penggunaannya ya, coba klik kanan Widget yang kamu sudah kamu tampilkan di Dekstop, nah disitu kamu bisa liat mau diapain, supaya Widgetnya gak kemana-mana (atau tiba-tiba pindah kali aja diganggu pointer/something -_-) klik Window > Lock Position, trus untuk kustomisasi bisa klik Edit, aku biasanya buat rubah warna (soalnya ngefek juga kalo ganti wallpaper) dan format Fonts nya kalo kamu bosan dan pengen gonta ganti bisa :D


Pertama, klik dulu bagian yang mau di edit nah bakal muncul kolom seperti ini , setelah selesai ngeditnya klik Run dipojok kiri (yang aku lingkari buat liat hasilnya dulu) ntar kalo udah fix kamu Close window nya dan klik Yes.


Untuk me-manage nya juga kamu bisa liat di Hidden Icons yang ada di Taskbar double klik aja ntar muncul :D  atau di Start juga ada kamu bisa lihat recent Widget kamu.

(+) ohiya kalo mau close/hilangin Xwidget yang ada di Dekstop kamu bisa klik kanan widgetnya and Close atau seperti gambar diatas di Taskbar > klik kanan icon Xwidget > Manage Widgets trus uncheck deh kolom kecil yang ada di bar Running, trus kalo mau nambah Widget lebih cepatnya kamu langsung ke Folder nya trus double klik :D


13. N-E-X-T ! ICON ! oh yes, aku lupa pas kalian Apply Theme nya emang icon juga ga ikut berubah ya seperti digambar , soalnya mesti download dulu Icon bawaan atau icon yang persis seperti Tema yang kalian donlod dan gak semua Tema yang di donlod bakal dikasih komplit sekaligus dengan Icon nya (peace :D) nih aku kasih ICONS Okeh, Gaes, kalo mau ganti icon folder pasti udah tau kan ? nah, ini aku pass ya, sekarang pentingnya aku mau kasih tau dulu cara majangin Icon keceh di dekstop pake RocketDock! Anti mainstream!

Yosh! Udah dibuka app RocketDock ? udah muncul di Dekstop kan ? Yep sekarang kamu bisa ganti Icon bawaan RocketDock dengan punya kamu, caranya kumpulin Folder mana aja (app juga boleh) yang mau kamu pajang di Dekstop dengan cara klik kanan>Send to Dekstop nah sekalian aja ganti Icon atau kamu rename (harus gini dulu baru langkah selanjutnya). Now, aksinya gini :  drag Folder (yang baru aja kamu send to desktop tadi)  dengan cara klik folder/app lalu tahan cursor pindahkan ke posisi icon RocketDock sampai kamu lihat Icon RocketDock ini bakal ngasih ruang untuk Folder/App kamu tempati nah disitu kamu boleh lepas pointer kamu (usahakan waktu mau pindahin Icon baru kamu ke tempatnya , Icon bawaan RocketDock jangan di hilangin semua ya, jadinya bakal hilang jejaknya kan susah -_- so, sisain 1 icon bawaan RocketDock aja dulu untuk sementara biar aman, abis selesai drag semua punya kamu baru deh kamu boleh ilangin icon default milik RocketDock tadi ) btw, untuk hilangin (buang) Icon milik RocketDock tadi dengan cara meng kick-out nya keluar dari posisi yaitu klik,tahan,serong keluar dan Puff! Hilang :D

Lagi – lagi kustomisasi nih, but sebelum itu kamu klik kanan dulu Icon nya>Dock Settings>General>Language dan pilih bahasa yang kamu mau biar ngaturnya ngerti ye, abis kalo dijelasin satu – satu panjang bener (--_--) ohya pas nulis ini aku baru tau kalo bahasanya bisa diganti (alhamdulillah selamat *fiuh) jadi aku mikir english aja gue keroyokin nah sisa ini aku serahin kalian ya, :P usaha dong, ngacak dikit kan ngerti juga ntar hehe (gampang kok, tinggal follow step nya ) ohyep, ada tips terakhir,
(+) Icon mesti di Lock Item ya, kayak Widget tadi biar gak gampang *Puff
(+) kualitas Icon bakal pengaruh juga pas taroh di posisi RocketDock, kalo kecilan bakal pecah atau mengecil.


Woooke guys, selesai sudah nih BONUS beserta link tinggal kamu liat mana yang suka ya, rajin bongkar, cari trus milih dah, dari sumber yang udah aku pilih paling kece ya! boroong :D
Icon nya Here
Fonts Here
Skin etc Widget Here dan  Here
Theme Here
Wallpaper & PSD more Here

Sekian ^^ semoga berhasil dan menambah semangat kerja buat yang ngerjain skripsi biar betah didepan computer (apaan -_-) ok bye jangan lupa like, subs eee kirain vlog xD  
yudeh ah btw kalo kamu punya tips, ide, info anything komen kite sharing ya  

0 comments